Potensi Wisata Pulau Belitung

Blogger Belitung - Secara keseluruhan, Pulau Belitung memang dikaruniai dengan keindahan alam yang menakjubkan. Dimasa lalu Pulau Belitung adalah salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia, namun Pulau Belitung tidak hanya sekedar timah saja. Dengan keindahan alam yang dimiliki seperti pantai dan pemandangan bawah lautnya, Pulau Belitung merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan wisata pantai dan bahari. Pantai-pantai di wilayah ini dikenal berpanorama indah dengan hamparan pasir putih dan berbagai formasi batuan beraneka ragam, disepanjang pesisir pantainya. Objek wisata lain yang tidak kalah menariknya adalah gedung bersejarah, museum geologi, serta beragam atraksi seni dan budaya yang mencerminkan ciri khas daerah.

Jika mengingat pelajaran sekolah dasar dahulu, kita semua paham bahwa timah adalah salah satu jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Artinya disini semakin sering diambil maka sedikit demi sedikit berkurang dan habis. Yang terjadi di Pulau Belitung adalah eksplorasi timah telah terjadi ratusan tahun yang lalu. Dan penambangan sekarang adalah bersifat dari sisanya dan berskala kecil. Dengan kata lain, timah di Pulau Belitung tidak lagi potensial untuk menunjang perekonomian masyarakat Pulau Belitung.


Tidak ada kata terlambat untuk memulai, seiring dengan aktivitas eksplorasi timah, sebenarnya memang sudah sejak zaman itu juga Pulau Belitung memiliki keindahan alam, tidak Cuma lansekap pantai, namun juga keindahan bawah lautnya. Menurut hemat saya, memang sudah seharusnya Pulau Belitung berbenah untuk mengatasi transisi pasca timah ini, yaitu dengan “menjual” segala objek wisata dan yang lainnya kepada seluruh dunia sehingga hal ini akan bisa menunjang perekonomian setempat.

Beberapa kawasan di Pulau Belitung, sepanjang pengamatan saya sudah mulai melakaukan pembenahan adalah Pantai Tanjungpendam, pantai ini semakin hari semakin cantik saja. Lokasinya pun strategis yaitu di pusat Kota Tanjungpandan. Pantai istimewa lainnya adalah Pantai Tanjungkelayang dan Pantai Tanjungtinggi. Kedua pantai ini adalah bertetangga. Beberapa tulisan diinternet bahkan ada yang menyebutkan kalau Pantai Tanjungkelayang dan Pantai Tanjungtinggi adalah pantai terbaik yang dimiliki oleh Pulau Belitung. Pantai-pantai tersebut banyak memiliki pengunjung yang tidak Cuma dari dalam akan tetapi juga dari luar negeri. Khusus buat Pantai Tanjungkelayang, pantai ini telah beberapakali menjadi persinggahan yatcher dari berbagai penjuru duni dalam Sail Indonesia (Sail Indonesia 2007, Sail Indonesia 2009 serta Sail Belitong 2011).


Beralih kesisi timur Pulau Belitung, kita akan menjumpai Pantai Nyiur Melambai atau Pantai Lalang yang terletak di Kota Manggar. Demi menunjang sector pariwisata, pantai ini juga semakin dipercantik. Tidak Cuma itu, kawasan timur Pulau Belitung juga memiliki pemandangan bawah laut pembentukan dari terumbu karang (Coral Reefs) yang sangat pas sekali untuk dikembangkan sebagai Coral Tourism atau wisata terumbu karang dunia bawah laut. Keindahan pembentukan coral ini bisa dijumpai pada beberapa pulau kecil sekitar kota Manggar, diantaranya Pulau Buku Limau, Pulau Memperak, Pulau Siadong dan lainnya!

Karena timahnya Pulau Belitung dikenal seantero dunia semenjak ratusan tahun yang lalu, namun hal itu seolah-oleh menjadi menjadi mengabur dengan alasan yang tidak saya pahami sampai akhirnya muncul kembali seiring dengan meledaknya Laskar Pelangi maupun Sang Pemimpi yang dikarang oleh Andrea Hirata, banyak orang yang ingin berkunjung ke Pulau Belitung untuk menikmati wisata di Negeri Laskar Pelangi ini.



Dan sekiranya untuk penyempurna itu semua, 2017 sebentar lagi derajat Bandara H.AS Handjoeddin akan naik derajat menjadi bandara internasional. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa pihaknya akan menaikkan kelas bandara H.AS. Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung menjadi bandara Internasional untuk mendukung percepatan realisasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Belitung.

Harapan Pak Menhub, pada tahun baru 2017 Bandara Internasional H. AS. Hanandjoeddin Tanjung pandan Belitung sudah terwujud. Untuk mencapai hal itu pihaknya akan mengembangkan, memperbarui, dan mempercantik lagi kondisi bandara saat ini.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs