Kekuatan Supranatural Batu Satam Pulau Belitung

Dasril Iteza - Pulau Belitung tidak hanya menyajikan pantai-pantai yang wonderful dilengkapi dengan tebaran batu-batu granit artistik yang terkadang membentuk formasi tertentu, akan tetapi beberapa fakta tentang budaya dan tradisi yang ada di Pulau Belitung itu sendiri. Hal ini termasuklah cerita tentang Batu Satam (Billitonite) – merupakan batu meteorit – yang merupakan ikon Belitung dan konon katanya tidak bisa ditemukan di tempat manapun didunia ini!
Jika anda mengunjungi Pulau Belitung, tepatnya di seputaran Pusat Kota Tanjungpandan (sekaligus Ibu Kota administratif Kabupaten Belitung), anda akan melihat replika raksasa Batu Satam, hanya beberapa langkah dari Billiton Hotel dan Eks. Kantor Billiton Mij (sekarang difungsikan sebagai Pusat Perbelanjaan Baratha).

Batu Satam dikenal juga dengan batu unik dan langka, kebanyakan masyarakat Belitung memercayai bahwa Batu Satam ini memiliki kekuatan supranatural, sebentuk kekuatan misterius sebagai penangkal kekuatan jahat (penangkal Ilmu Hitam, semisal santet dkk).


Terkait untuk penangkal kekuatan jahat, tidak sedikit masyarakat Belitung, saat hendak membangun rumah tinggal, biasanya, pada keempat sudut fondasi rumah, ditanamkan Batu Satam ini. Masing-masing sudut berisi sebutir Batu Satam!

Tidak mudah untuk mendapatkan Batu Satam ini. Hanya mereka yang beruntunglah yang bisa mendapatkan Batu Satam. (lain cerita jika mendapatkannya dengan cara membeli). Batu Satam ini biasanya sering ditemukan oleh mereka yang beruntung pada kawasan penambangan timah di Belitung.

Disamping itu, Batu Satam banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti untuk batu cincin, buah kalung, bross dsb, meski banyak juga yang menyimpannya bulat-bulat (tidak menjadikannya sebagai perhiasan). Misalnya disimpan dalam kamar, tas, atau dompet saku.

-------------------------------------------------------------------------------------



29 comments :

Welly Ardho Saturday, February 1, 2014 at 12:07:00 PM GMT+7  

Nice.

musholin garda Friday, March 7, 2014 at 5:47:00 PM GMT+7  

Apakah satam memiliki kekuatan tertentu dan bagai mna cara mem bedakn yg asli dan yg palsu.sbb baru ini sy ada pg kebelitung .jumpa kwn tp sy tk tahu yg ada batu satam

musholin garda Friday, March 7, 2014 at 5:53:00 PM GMT+7  

Apa c kasiat batu satam yg sebenarnya. Sbb sy prna silaturahim kekwn dibelitung .tp ktika pergi ke sana. Sy blum tau certanya satam .jd rugi tak dapat bertanya sma org 2 pulau belitung .coba dijelaskn

Dasril Iteza Friday, March 7, 2014 at 10:37:00 PM GMT+7  

@musholin garda....

Salah satu cara untuk membedakan batu satam yang masih asli adalah membelahnya harus dengan torehan getah sirih terlebih dahulu untuk memberlahnya menjadi dua bagaian,... masalah khasiat dan atau kekuatan tertentu, ini dikembalikan pada pribadi masing2, pasalnya saya pun memiliki sebiji batu sajtam asli, namun saya memperlakukannya biasa aja, hanya sebatas kelangkaan batu satam tersebut yang sukar untuk ditemukan ditempat lain. meski demikian, kemungkinan anda akan mendapatkan penjelasan sedikit berbeda manakala bertemu dengan orang belitung lainnya!

Anonymous Tuesday, April 8, 2014 at 9:03:00 PM GMT+7  

Salam saya ada meliliki sebiji batu satam ini yg diperolehi dari moyang saya yg berdagang dari magribi ke indonesia sekitar seratus tahun lalu dan batunya sangat ampuh.kuat.dan tidak bisa di pecahkan.bole saya ketahui khasiatnya

Dasril Iteza Thursday, July 31, 2014 at 6:36:00 PM GMT+7  

@Anonymous ....

Baca ulang kembali gan posting saya diatas.....

aleo nockel Sunday, September 21, 2014 at 9:55:00 AM GMT+7  

Mual be pakai getah sirih.. Dan jangan dikeramatkan tu batu. Hehe entar nyembah batu lagi' kalo batu satamnya bisa terbang.. Wkwkkkkk

Dasril Iteza Sunday, September 21, 2014 at 8:45:00 PM GMT+7  

@aleo nockel .....

hahahahha..... tenang la bang mun kan kamek neh, dak kan sampai segitunye. Allah SWT tetap numor 1 lah pukoknye.... tapi mimang ade sebagian urang yang aku temuek, aku mintaek keterangan, mereka neh mimang raga2 lain dalam memperlakukan satam neh :) mudah2an jangan sampailah, kiape ke?

sylvia Monday, October 13, 2014 at 8:12:00 AM GMT+7  

Saya punya batu satam 1 aja,dari kakak..batu saya gegam terus baca zikir tasbih dalam hati,,telapakan tangan saya yg ada batu nya berdenut kencang dan hangat,apa arti nya.trims

Dasril Iteza Wednesday, October 15, 2014 at 12:21:00 AM GMT+7  

@sylvia ....

untuk hal tersebut saya juga tidak paham, apalagi saya hanya menganggap Satam tidak lebih dari sekedar batu, apa yang saya posting diatas merupakan pendapat warga sekitar yang sempat saya ajak obrol-obrol seputar satam... intinya kembali ke pemahaman masing-masing

djunaedi purba Friday, November 7, 2014 at 10:35:00 AM GMT+7  

Salam pencinta satam ,tongkat komando saya memakai aksesoris batu satam di bagian mahkota / kepala,Salam Pembuat Tongkat TNI POLRI ,,Ebony Purba Tongkat Komando TNI POLRI pin Bb : 24C79688 & 081218101985

djunaedi purba Friday, November 7, 2014 at 10:39:00 AM GMT+7  

Salam Pencinta satam,,,saya memilikikeunikan batu2 satam berlapaz اَللّهُ ,muhammad,bentuk ikan,huruf,dll Dan saya pakai satam untuk pemanis di tongkat,,,salam pembuat Tongkat Komando TNI POLRI Ebony Purba Pin Bb : 24C79688 & 081218101985

Dasril Iteza Sunday, January 18, 2015 at 7:18:00 AM GMT+7  

@djunaedi purba....

Yeaahhhh...begituhlah... macam2 keunikan yang ada di Batu Satam, saya sendri memiliki Satam dengan guratan seperti karakter orang lagi senyum :)

ritaz Sunday, February 8, 2015 at 2:17:00 PM GMT+7  

Keren banget ya

Anonymous Monday, April 6, 2015 at 4:53:00 PM GMT+7  

Batu satam memang langka namun entah kenapa saya belum tertarik memilikinya....mungkin ada yang mau ngasih, biar saya tertarik...xixixi *modus

Dasril Iteza Wednesday, April 8, 2015 at 11:51:00 AM GMT+7  

@Anonymous ....

xixixiixix itu sih emang asli modus gan..... gpp nanti sapa tau ada yang ngasih hehehhe.....

Anonymous Tuesday, December 8, 2015 at 4:33:00 PM GMT+7  

Aku punya batu satam dari manggar beltim..hehe

Dasril Iteza Friday, December 11, 2015 at 5:02:00 PM GMT+7  

ohhh yaa? mantaf lahhh

Irfan Belitung Tuesday, February 23, 2016 at 7:35:00 PM GMT+7  

agen batu satam....jl.bambang utoyo no.32 rt.19 rw.06 tanjung pandan belitung hp.081949201182,085357464642 pin bb.272577b2,2756779d...makasih buat bang admin..smoga belitung makin dikenal oleh orang banyak...rezeki buat masyarakat belitung...yg pengentau dan pengen lihat satam,info ya...makasih

rizman syach Tuesday, April 19, 2016 at 7:30:00 PM GMT+7  

Aku punya.yg minat bs kontak 0853 8515 1111 ato bbm 2b2a7ccb

Dasril Iteza Sunday, April 24, 2016 at 12:01:00 AM GMT+7  

@rizman syach ....

Sip bang semoga ade yang berminat

Purnomo Sidi Thursday, May 5, 2016 at 2:22:00 AM GMT+7  

Gw br beli..kerennn batunya,unikk,g ad dtempat laen selain belitung..

Dasril Iteza Sunday, May 8, 2016 at 9:35:00 PM GMT+7  

@Purnomo Sidi ....

di Belitungnya beli dimana & ama siapa bang?

tutun tea' Wednesday, June 22, 2016 at 3:47:00 PM GMT+7  

Punye yg ijo dk bang ?

Dasril Iteza Friday, June 24, 2016 at 9:08:00 PM GMT+7  

@tutun tea' ,....

gak punya gan, cuma yg wrna hitam aja.
malahan kalo satam hijau Moldavite saya belum pernah lihat di belitung..

Anonymous Saturday, October 15, 2016 at 10:11:00 AM GMT+7  

Saya punya 1 satam bulat masih utuh,saya dapat sendiri dari kalimantan utara.
Diameter kurang lebih 10cm.
Yg minat hub.082274988291

T E D D I Wednesday, March 22, 2017 at 6:53:00 PM GMT+7  

Minat Buka Travel Klik Segera https://register.klikmbc.co.id/?id=JKT-72104

muslimin.hamdan Hamdan Thursday, May 11, 2017 at 12:12:00 PM GMT+7  

Ass gang pencinta satam... Sy punya satam dari sulawei tengah tepatnya di palu... Menurut uztads sy katanya itu satam asli warna hitam dan banyak lagi bongkahan satam saya ada bongkahan yg mirip kepala manusia punya mata punya mulut dan hidung... Kalau agang minat 081242633555 atau 081342229098.

Mikael Imanuel Thursday, November 23, 2017 at 11:32:00 AM GMT+7  

setuju

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs